Analisis Produktivitas dan Efisiensi

    Author
    No GM 619203002
    ISBN 978-602-06-2271-2
    Price Rp 58.000
    Size 14x21cm
    Total Pages 163 pages
    Date Published 11 Mar, 2019
    Category Non Fiction: Business Management and Leadership

Sinopsis

Pengusaha sering kali waswas setiap kali pemerintah mengumumkan kenaikan upah minimum provinsi (UPM). Mereka berkeberatan karena kenaikan UPM tersebut sering kali lebih tinggi daripada produktivitas tenaga kerja. Di sisi lain, para pekerja juga berulang kali melakukan protes, menuntut perusahaan menaikkan upah mereka. Lalu bagaimana dunia industri meningkatkan produktivitas tenaga kerja agar sepadan dengan kenaikan UMP atau, bahkan lebih dari itu, agar tenaga kerja kita mampu bersaing dengan tenaga kerja dari negara-negara lain?

Berbeda dari buku-buku lain yang membahas tema yang sama, buku ini didesain secara praktis sesuai kebutuhan dan pola pikir strategi efisiensi dan produktivitas di berbagai industri. Di sini Anda bisa mempelajari antara lain:
• Faktor-faktor yang memengaruhi produktivitas dan efisiensi
• Metode yang menyentuh faktor 5M, yaitu man (tenaga kerja), material (bahan baku, bahan mentah), machine (mesin, alat bantu), money (modal), dan method (metode kerja)
• Metode dan praktik Lean, Value Stream Mapping (VSM), Theory Of Constraint (TOC), dan Six Sigma
• Efisiensi terkait material dan produk
• Cara meningkatkan produktivitas tenaga kerja

Praktisi di bidang manufaktur dan jasa serta akademisi yang mempelajari teknik industri dan manajemen operasi akan memperoleh manfaat dari buku yang juga mengangkat berbagai contoh kasus penerapan produktivitas dan efisiensi di perusahaan ini.

Related Books