Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan

Summary

Sesudah beberapa tahun pembangunan nasional berjalan dalam semangat "rehabilitasi dan stabilitasi" perekonomian nasional maka sekitar awal tahun tujuh puluhan timbul pemikiran di antara golongan cendekiawan, para ahli kebudayaan dan ilmu-ilmu sosial bahwa dalil-dalil ilmu ekonomi tidak mampu memecahkan masalah pembangunan secara menyeluruh karena hambatan dari faktor-faktor non-ekonomis.

Seminar Perkembangan Sosial-Budaya dalam Pembangunan Nasional yang diselenggarakan oleh LIPI pada tahun 1970 menyimpulkan bahwa sikap mental orang Indonesia umumnya belum siap untuk pembangunan. Sejak saat itu mulai diperkenalkan kepada masyarakat ramai pendekatan sosio-kultural terhadap pembangunan.

Koentjaraningrat, guru besar dalam antropologi budaya pada beberapa universitas terkemuka di Indonesia serta mempunyai reputasi internasional di bidang kebudayaan merupakan salah seorang tokoh budayawan terkemuka Indonesia yang pada waktu itu mulai memperkenalkan pendekatan kultural terhadap pembangunan. Serangkaian karangan ilmiah populer yang pernah ditulisnya pada harian Kompas dengan judul: Kini Sering Orang Bertanya, pada awal tahun 1974 merupakan bagian terbesar dari isi buku ini. Di samping itu masih ada karangan lain yang merupakan reportase perjalanannya ke Jepang.
No. GM : 0
ISBN : 979-686-005-8
Price : Rp 45.000
Total Pages : -
Size : 13 x 20
Date Published : 01 Januari 1974
Book Format : Softcover
Category : Culture

    No reviews

Koentjaraningrat

Koentjaraningrat

Pengarang adalah Guru Besar dalam ilmu antropologi pada Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Perguruan Tinggi Hukum Militer dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian. Lulus Sarjana Muda pada Universitas Gadjah Mada (1950), mendapat gelar MA, dalam antropologi dari Yale University di Amerika Serikat (1956), dan gelar Doctor Antropologi dari Universitas Indonesia (1958). Pada tahun 1976 mendapat gelar Doctor Honoris Causa dari University Utrecht di Negeri Belanda, pada perayaan Dies Natalis ke-340 universitas tersebut.

Pengarang pernah menjadi research associate pada University of Pittsburgh di Amerika Serikat, dan diundang sebagai guru besar tamu ke berbagai universitas di Amerika Serikat, di Negeri Belanda dan di Australi.

Books by Koentjaraningrat

  • Masyarakat Terasing di Indonesia
    Culture

    Masyarakat Terasing di Indonesia

     
  • Metode-Metode Penelitian Masyarakat
    Reference & Dictionary

    Metode-Metode Penelitian Masyarakat

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.