Dua Batang Ilalang

Author: Dono

Summary

Pahit-manis mewarnai kehidupan Sobi. Dia lahir dan besar di Klaten. Bapaknya cuma tukang reparasi jam, sementara ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga di dalem kabupaten.

Atas bujukan Rianti, putri Pak Bupati yang jatuh hati pada Sobi, dan juga melihat prestasinya. Bapak Bupati berkenan membiayai kuliahnya di Jakarta. Namun, Sobi gagal meraih S1-nya. Dia bahkan dikeluarkan dengan tidak hormat dari universitasnya. Akibat provokasi seseorang, Sobi dan teman-temannya di grup diskusi mahasiswa terlibat dalam unjuk rasa yang saat itu sedang marak, dan sialnya, kali ini berakhir dengan kerusuhan.

Sobi bukan hanya kehilangan masa depan karena harus meringkuk di penjara, dia juga kehilangan kekasihnya, Fatma, yang dilarang ayahnya berpacaran dengan seorang demonstran.

Bapak dan Ibu Bupati sangat kecewa karena Sobi dianggap telah mempermalukan mereka. Sebab itu, sekeluarnya dari penjara Sobi bertekad menujukkan dia bukan cuma bisa protes, dia bukan anak yang tak tahu balas budi, tapi dia seorang laki-laki yang boleh diperhitungkan intelektualitas dan idealismenya, walaupun harus memulai lagi dari bawah.
No. GM : 0
ISBN : 979-655-283-3
Price : Rp 23.000
Total Pages : -
Size : 11 x 18
Date Published : 01 Februari 1999
Book Format : Softcover
Category : Romance

    No reviews

Dono

Dono

Banyak orang lebih mengenal Dono sebagai pelawak, namun pria bernama lengkap Drs.H.Wahyu Sardono ini juga novelis dan mantan dosen jurusan Sosiologi FISIP UI. Bersama Kasino dan Indro, Dono memang lebih dikenal sebagai Dono Warkop. Ia menerbitkan novel pertamanya Dua Batang Ilalang pada tahun 1999 dan sampai akhir hayatnya Dono masih menyisakan novel keempatnya yang berjudul Terpikat. Banyak orang yang berduka atas kepergian pria kelahiran Solo, 31 September 1951 ini akibat penyakit kanker dan paru-paru pada tanggal 30 Desember 2001 di RS St.Carolus,Jakarta. Ia menyusul istrinya, Titi Kusumawardhani yang telah meninggal tanggal 14 Agustus 1999 dan meninggalkan 3 orang anak.

Books by Dono

  • Senggol Kiri, Senggol Kanan
    Humor

    Senggol Kiri, Senggol Kanan

     
  • Cemara-Cemara Kampus
    Romance

    Cemara-Cemara Kampus

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.