Prinsip Pengelolaan Pengambilan Sampel Lingkungan

Summary

Banyak masalah lingkungan tidak terantisipasi dengan baik karena penelitian yang dilakukan berdasarkan sampel yang diambil dari lingkungan tertentu dilakukan secara salah, baik dalam prosedur maupun dalam analisisnya. Setelah bertahun-tahun berkecimpung dalam dunia ini, Anwar Hadi terdorong untuk membukukan ilmu dan pengalamannya dalam hal pengelolaan pengambilan sampel lingkungan.

Untuk menghasilkan validitas data hasil pengujian kualitas lingkungan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah maupun secara hukum maka pengambilan sampel lingkungan harus memenuhi peraturan perundang-undangan dibidang lingkungan hidup yang berlaku serta kaidah-kaidah Good Environmental Sampling Practice secara nasional maupun internasional. Buku ini sangat relevan sebagai pedoman dalam melaksanakan pengambilan sampel lingkungan.
- Prof. Dr. Pharm. RTM Sutamihardja, M.Ag. (Chem)
Dosen Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Nusa Bangsa

Pembuktian kasus pencemaran lingkungan dalam rangka penegakan hukum lingkungan akan berjalan secara objektif apabila praktek pengambilan sampel lingkungan dilakukan berdasarkan kaidah dan prinsip yang baik dan benar. Hal ini disebabkan sampel merupakan alat bukti utama dalam kasus pencemaran/perusakan lingkungan hidup. Buku Prinsip Pengelolaan Pengambilan Sampel Lingkungan ini menjelaskan bagaimana mendapatkan sampel yang dapat menggambarkan kondisi kualitas lingkungan yang sesungguhnya.
- Sudarsono, SH
Asisten Deputi Urusan Penegakan Hukum, Deputi IV - Kementerian Lingkungan Hidup
No. GM : 0
ISBN : 979-22-1533-6
Price : Rp 32.500
Total Pages : -
Size : 15 x 23
Date Published : 10 Agustus 2005
Book Format : Softcover
Category : Science & Nature

    No reviews

Ir. Anwar Hadi, MEM

Ir. Anwar Hadi, MEM

Lahir di Gresik, Jawa Timur, tanggal 27 juli 1967. Ia menempuh sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di kota kelahirannya. Gelar Sarjana kimia diraihnya dari Institute Teknologi Sepuluh November Surabaya tahun 1991.

Mulai tahun 1993 ia bekerja di Direktorat Pengendalian Dampak Lingkungan (BAPEDAL). Pada tahun 1998, ia mendapat kesempatan untuk menempuh Post Graduate Diploma in Scinece di The University of Queensland, Australia. Setahun kemudian ia menamatkan Master of Environmental Management in the Field of Environment Monitoring pada universitas yang sama.

Books by Ir. Anwar Hadi, MEM

  • Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian & Laboratorium Kalibrasi ISO/IEC 17025: 2017
    Science & Nature

    Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian & Laboratorium Kalibrasi ISO/IEC 17025: 2017

     
  • Pemahaman dan Penerapan ISO/IEC 17025: 2005
    Reference & Dictionary

    Pemahaman dan Penerapan ISO/IEC 17025: 2005

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.