Paradigma Baru dalam Relasi Umat Kristiani-Muslim

Summary

Buku Syafaatun Almirzanah adalah hal baru. Pengalaman mendalam tentang Allah dari dua tokoh mistik paling utama di dunia Islam dan dunia Kristiani, Ibn `Arabi dan Meister Eckhart, tidak hanya diangkat dan dibandingkan, melainkan dalam daratan pengalaman mistik yang lebih mendalam, ditunjukkan kesamaan persepsinya tentang Yang Ilahi. Buku ini orisinal, secara teologis dapat dipertanggungjawabkan, mendalam, dan amat relevan. Relevan karena Syafa memperlihatkan bahwa dalam cahaya pengalaman kedua tokoh mistik ini, cara kita bicara tentang Yang Ilahi dan cara kita memahami teks-teks yang memuat wahyu dari Yang Ilahi dicerahkan. Penelitian ini khususnya menunjukkan bahwa teks-teks yang sepintas kelihatan keras dan eksklusif harus dimengerti secara positif. Buku ini memberikan cahaya baru terhadap seluruh masalah pluralisme.
Franz Magnis-Suseno, S.J., Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta


Kehadiran global villages mendorong semua komunitas agama untuk saling berdialog, berbagi pengalaman, pengetahuan dan cinta kasih yang berakar pada tradisi agama masing-masing yang pasti berbeda agar perbedaan serta eksklusivisme pemahaman dan ideologi agama tidak menjadi sumber konflik serta perang yang akan menghancurkan bangunan peradaban. Buku ini hadir tepat waktu dan Penulis dengan sangat brilian menghadirkan dua ikon pemikir mistik Barat dan Timur, Kristen dan Muslim, saat agama diseret-seret dalam konflik perebutan hegemoni politik dan ekonomi sehingga wajah agama menjadi bengis. Saya ikut bangga Sdr. Syafaatun sebagai alumni pesantren secara cerdas dan sangat akademis mampu membangun jembatan dialog Barat dan Timur melalui sosok Ibn Arabi dan Meister Eckhart yang legendaris.
Komaruddin Hidayat, Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta

No. GM : 0
ISBN : 978-979-22-4272-0
Price : Rp 65.000
Total Pages : -
Size : 13,5 x 20
Date Published : 13 Januari 2009
Book Format : Softcover
Category : Philosophy

    No reviews

Syafaatun Almirzanah Ph.D., D.Min.

Syafaatun Almirzanah Ph.D., D.Min.

Syafaatun Almirzanah menyelesaikan pendidikan tingkat sarjananya dan masternya (MA) di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Seusai menuntaskan program Master of Theology di Lutheran School of Theology Chicago ia melanjutkan ke tingkat doktoral dan meraih gelar Ph.D. di universitas yang sama pada tahun 2008 dengan disertasi berjudul When Mystic Masters Meet: Toward a New Matrix for Christian - Muslim Dialogue. Pada saat yang sama ia juga menempuh program doktoral keduanya di Catholic Theological Union, Chicago, the Largest Catholic Graduate School in the United States, dan meraih gelar Doctor of Ministry (D. Min.). Ia aktif berpartisipasi sebagai pembicara dalam konferensi- konferensi internasional seperti \\\\\\\"Conviventia, Enhancing Identity through Encounter between Jews, Christians and Muslims\\\\\\\" di Seville, Spanyol, \\\\\\\"Nostra Aetate Today, Reflection 40 Years after its Call for a New Era of Interreligious Relationships\\\\\\\" di Roma, Italia, dan World Conference on Motahari`s Thoughts, di Tehran, Iran. Sementara itu, ia juga aktif menulis dan tulisan-tulisannya telah dipublikasikan di berbagai jurnal dan surat kabar. Anggota American Academy of Religion dan Ibn `Arabi Society ini sekarang mengajar di almamaternya, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Toward a New Matrix for Christian - Muslim Dialogue. Pada saat yang sama ia juga menempuh program doktoral keduanya di Catholic Theological Union, Chicago, the Largest Catholic Graduate School in the United States, dan meraih gelar Doctor of Ministry (D. Min.). Ia aktif berpartisipasi sebagai pembicara dalam konferensi- konferensi internasional seperti \\\\\\\"Conviventia, Enhancing Identity through Encounter between Jews, Christians and Muslims\\\\\\\" di Seville, Spanyol, \\\\\\\"Nostra Aetate Today, Reflection 40 Years after its Call for a New Era of Interreligious Relationships\\\\\\\" di Roma, Italia, dan World Conference on Motahari`s Thoughts, di Tehran, Iran. Sementara itu, ia juga aktif menulis dan tulisan-tulisannya telah dipublikasikan di berbagai jurnal dan surat kabar. Anggota American Academy of Religion dan Ibn `Arabi Society ini sekarang mengajar di almamaternya, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Books by Syafaatun Almirzanah Ph.D., D.Min.

  • Paradigma Baru dalam Relasi Umat Kristiani-Muslim
    Philosophy

    Paradigma Baru dalam Relasi Umat Kristiani-Muslim

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.