Footnotes in Gaza: Catatan Kaki dari Gaza

Author: Joe Sacco

Summary

CATATAN KAKI DARI GAZA ADALAH SUATU PENYELIDIKAN MENYELURUH DAN ORISINAL ATAS KEJAHATAN ISRAEL YANG DITUTUP-TUTUPI DI TEMPAT YANG TERPANAS DI DUNIA: JALUR GAZA

Suatu tragedi pada tahun 1956 di Jalur Gaza membuat Joe Sacco, wartawan-kartunis, terjun langsung ke wilayah paling sengit di Bumi itu. Selagi ia menyelidiki peristiwa berdarah tersebut, terjadi penggusuran besar-besaran pada rumah warga, serangan Israel yang membunuh penduduk sipil, dan ancaman bom bunuh diri gerilyawan Palestina. Dalam suatu riset, Sacco bahkan nyaris terserempet peluru Israel.

Dalam pencarian atas kebenaran, Joe Sacco pun melanglang dari satu tragedi ke tragedi lain, menyampaikan pesan para gerilyawan, dan mencatat tangis para ibu yang kehilangan rumah, suami, dan anak-anak yang dibunuh prajurit Israel secara brutal.

Catatan Kaki dari Gaza adalah karya paling ambisius Joe Sacco. Jurnalisme visual khas Joe Sacco menggambarkan tragedi kemanusiaan di atas tanah yang dipertahankan dengan darah dan air mata syuhada. Buku ini menjadi dokumentasi yang penting atas peristiwa pembunuhan rakyat sipil di Jalur Gaza yang kerap menjadi sekadar satu catatan kaki dalam sejarah. Sejarah pembantaian rakyat sipil yang selalu berulang di tanah Palestina.


“Sacco berbakat besar. Reporter yang jeli… sekaligus seniman mumpuni dengan gambar-gambar kaya nuansa yang meniti jalur di antara gaya kartun dan naturalisme.”
— Charles Shaar Murray; Independent

“Prestasi terbesar Sacco adalah menggambarkan penindasan memilukan dan horor dalam bentuk yang menenangkan sekaligus meresahkan.”
— David Thompson; Observer

“Salah seorang kartunis paling orisinal dalam dua dasawarsa terakhir.”
— Duncan Campbell; Guardian

No. GM : 0
ISBN : 978-602-03-0850-0
Price : Rp 118.000
Total Pages : -
Size : 19.8 x 26.5
Date Published : 11 September 2014
Book Format : Softcover
Category : Culture

    No reviews

Joe Sacco

Joe Sacco

History from this author net available at this momments. Please contact admin, so we can update the data. Thankyou :)

Books by Joe Sacco

  • Footnotes in Gaza: Catatan Kaki dari Gaza
    Culture

    Footnotes in Gaza: Catatan Kaki dari Gaza

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.