Filsafat Barat Kontemporer: Prancis

Summary

Buku Filsafat Barat Kontemporer ini adalah Jilid II yang secara khusus membahas pemikiran filsafat di wilayah Prancis. Sebelumnya, pada Jilid I, sudah dibahas pemikiran filsafat di wilayah Jerman dan Inggris.

Henri Bergson, Maurice Blondel, Pierre Teilhard de Chardin, Gabriel Marcel, Jean-Paul Sartre, Maurice Merleau-Ponty, Paul Ricoeur, Emmanuel Levinas, Michel Foucault, Jacques Derrida, dan Jean-Fran├žois Lyotard adalah beberapa filsuf Prancis yang dibahas di dalam buku ini. Beberapa aliran pemikiran seperti eksistensialisme, fenomenologi, dan postmodernisme juga tidak luput dari perhatian buku ini.

Riwayat buku ini sudah cukup panjang. Pada 1985 buku ini pertama kali terbit dengan judul Filsafat Barat Abad XX, Jilid II (Prancis). Pada 2001 terbit edisi revisi dan perluasan sekaligus juga judul baru, yaitu Filsafat Barat Kontemporer, Jilid II (Prancis). Setelah cetak ulang pada 2006, kini edisi terbaru terbit kembali dengan sedikit tambahan dan cukup banyak koreksi.

Melalui buku ini, baik jilid pertama dan kedua, penulis berharap dapat mengantar pembaca kepada teks-teks para filsuf itu sendiri. Sebab di situ terurai pemikiran filosofis menurut bentuk dan perumusan mereka sendiri yang tidak bisa diganti oleh penjelasan yang paling baik sekalipun tentang filsafat mereka.

No. GM : 0
ISBN : 978-602-03-0927-9
Price : Rp 70.000
Total Pages : -
Size : 14 x 21
Date Published : 02 Oktober 2014
Book Format : Softcover
Category : Philosophy

    No reviews

Prof. Dr. K. Bertens

Prof. Dr. K. Bertens

Prof. Dr. K. Bertens dilahirkan di kota Tilburg, Nederland, 1936. Ia mendalami filsafat dan teologi di sebuah perguruan tinggi di Nederland, lalu filsafat dan psikologi di Universitas Leuven, Belgia. Setelah mengajar selama dua tahun di Nederland, tahun 1968 ia memperoleh gelar "doktor filsafat" di Universitas Leuven, dengan disertai tentang Nicolas Malebranche, filsuf Prancis abad ke-17. Sejak tahun 1968 pula ia mengajar filsafat sitematis dan sejarah filsafat di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sejak tahun 1983 ia termasuk staf Pusat Pengembangan Etika, Universitas Atma Jaya, Jakarta, dan pernah menjabat sebagai direkturnya(1984-1995). Ia mengajar dan menekuni etika terapan, khususnya etika bisnis dan etika biomedis, serta meredasi "Seri Etika Biomedis". Ia membantu mendirikan "Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia" (HIDESI) dan menjadi ketuanya yang pertama (1990-1997). Karya-karya ilmiahnya antara lain: Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta, Kanisius, 1975; Ringkasan Sejarah Filsafat, Yogyakarta, Kanisius, 1976; Filsafat Barat Abad XX, Jilid I, Jakarta, Gramedia, 1987; Etika, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 1994; Pengantar Bisnis Etika, Yogyakarta, Kanisius, 2000. Sedangkan karya terjemahannya antara lain: Sigmund Freud, Memperkenalkan Psikoanalisa, Jakarta, Gramedia. 1979; Sigmud Freud, Sekelumit Sejarah Psikoanalisa, Jakarta, Gramedia, 1983; Thomas Shannon, Pengantar Bioetika, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama 1995.

Books by Prof. Dr. K. Bertens

  • Filsafat Barat Kontemporer: Inggris - Jerman
    Philosophy

    Filsafat Barat Kontemporer: Inggris - Jerman

     
  • Filsafat Barat Kontemporer: Prancis
    Philosophy

    Filsafat Barat Kontemporer: Prancis

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.