Pesona Kain Indonesia: Tenun Gedog Tuban

Summary

Saya sangat mengapresiasi hadirnya buku ini sebagai langkah positif dalam rangka mengangkat citra kain tenun bukan hanya sekadar bagian dari fashion, namun juga simbolisasi nilai dan karakter yang kuat dari masyarakat daerah tersebut. Karena kita mengetahui bahwa sektor fashion dan kuliner adalah penyumbang terbesar pendapatan dari pariwisata.

Karena itu, mengembangkan kain tradisional Indonesia sebagai fashion asli Indonesia akan memperkuat positioning pariwisata Indonesia di mata dunia. Buku ini berbeda dari buku lain yang beredar di masyarakat luas. Isi buku ini sangat lengkap dengan sentuhan budaya, pariwisata, dan juga marketing-nya, yang dapat saling melengkapi dan meningkatkan sisi perekonomian dan juga sisi pariwisatanya.

Salam Pesona Indonesia

—DR. Ir. Arief Yahya, M.Sc Menteri Pariwisata RI

Kain tenun gedog dari daerah Tuban dikenal sebagai salah satu kekayaan tradisi wastra di Indonesia. Kain dengan ketebalan dan tekstur khas ini hanya diproduksi di Kerek, Tuban. Hingga kini kain tenun gedog yang dihias batik dengan motif yang juga khas ini masih ditenun oleh perempuan terampil di Kerek, dan dikenakan dalam berbagai upacara adat setempat serta dijual ke luar daerah dan menjadi bagian dari mode Indonesia.

Dalam buku ini dipaparkan bagaimana dan berapa lama selembar kain tenun gedog diproduksi, serta nilai tradisi yang terkandung pada setiap lembarnya, dilengkapi dengan foto-foto menarik. Juga permasalahan yang ada di seputar memasarkan kain tenun, disertai tips pemecahannya yang diberikan oleh ahlinya, yaitu tim MarkPlus.

Tak ketinggalan, buku ini pun mengangkat potensi wisata religi setempat yaitu Masjid Agung dan Klenteng Besar Tuban. Kedua lokasi wisata ini terkenal hingga manca negara. Bersama kawasan tenun di Kerek, keduanya sangat layak masuk dalam destinasi wisata Anda di daerah Tuban. Mari berwisata ke berbagai daerah di Indonesia, sekaligus belajar mengenal kekayaan wastra atau kain asli Indonesia yang ada di daerah tersebut.
No. GM : 618210009
ISBN : 978-602-03-8272-2
Price : Rp 125.000
Total Pages : 128 Pages
Size : 17x21cm
Date Published : 09 April 2018
Book Format : Softcover
Category : Craft

    No reviews

Samuel Wattimena

Samuel Wattimena

History from this author is not available at the moment. Please contact admin at redaksi@gramediapublishers.com or @bukugpu at Twitter and Instagram, so we can update the data. Thank you so much.

Books by Samuel Wattimena

  • Pesona Kain Indonesia: Tenun Gedog Tuban
    Craft

    Pesona Kain Indonesia: Tenun Gedog Tuban

     
  • Pesona Kain Indonesia: Kain Ulos Danau Toba
    Culture

    Pesona Kain Indonesia: Kain Ulos Danau Toba

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.