GENDUK DUKU - Gramedia Pustaka Utama

GENDUK DUKU

Summary

“Memang kau benar. Itu tidak adil. Tetapi itulah kekuasaan. Tidak menimbang mana adil dan tidak adil. Kekuasaan seperti angin topan saja. Menghancurkan apa saja yang menghadang di jalan....”

“Kalau begitu, perkenankanlah hambamu Duku untuk sementara minta diri dan bersembunyi di tempat yang cukup jauh saja. Sebab hambamu Duku khawatir, bila beliau datang lagi dan minta hal-hal yang bukanbukan, tangan abdimu tidak dapat dikendalikan, dapat melayang ke wajah beliau.”

*

Genduk Duku, sahabat Rara Mendut yang membantunya menerobos benteng Keraton Mataram dan melarikan diri dari kejaran Tumenggung Wiraguna. Setelah kematian Rara Mendut dan Pranacitra, Genduk Duku hidup sebagai pelarian bersama Slamet. Genduk Duku juga menjadi saksi perseteruan diam-diam antara Wiraguna dan Pangeran Aria Mataram, putra mahkota yang kelak bergelar Sunan Amangkurat I dan sesungguhnya juga jatuh hati kepada Rara Mendut.

Genduk Duku merupakan novel kedua dari Trilogi Rara Mendut, mahakarya Y.B. Mangunwijaya. Sebuah narasi yang tidak hanya mengisahkan tumpang tindih hidup manusia, juga dengan apik menyinggung sejarah Tanah Jawa, keberanian perempuan, dan protes atas ketidakadilan.
No. GM : 619202042
ISBN : 978-602-06-3319-0
Price : Rp 88.000
Total Pages : 280 Pages
Size : 14x21cm
Date Published : 07 Oktober 2019
Book Format : Softcover
Category : Literary

    No reviews

Y.B. Mangunwijaya

Y.B. Mangunwijaya

Yusuf Bilyarta Mangunwijaya. Lahir di Ambarawa, 6 Mei 1929. Pada tahun 1959 menyelesaikan pendidikannya di Institut Filsafat dan Teologi Sancti Pauli, Yogyakarta. Tahun 1966 menyelesaikan Sekolah Teknik Tinggi Rhein, Westfalen, Aachen, Republik Federasi Jerman. Dia telah menyelesaikan sekolah di Fellow of Aspen Institute for Humanistic Studies, Aspen, Colorado, USA.

Books by Y.B. Mangunwijaya

  • RARA MENDUT
    Literary

    RARA MENDUT

     
  • GENDUK DUKU
    Literary

    GENDUK DUKU

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.