Blink

Summary

Blink adalah buku mengenai dua detik pertama yang sangat menentukan ketika kita mengamati sesuatu—dua detik yang akan memberikan pemahaman dalam sekejap mata, yang terbentuk berkat pilihan-pilihan yang muncul dari “komputer internal” kita, alias kemampuan bawah sadar. Kemampuan inilah yang oleh Malcolm Gladwell disebut “kemampuan berpikir tanpa berpikir”, ketika keputusan sekejap bisa didapat dari informasi yang sedikit tapi akurat melalui snap judgment dan thin slicing.

Dalam Blink, kita akan melihat contoh-contoh menakjubkan kehebatan snap judgment dan thin slicing. Pakar benda seni yang mengenali barang antik palsu dalam sekali lihat, ahli cicip makanan yang mampu membedakan keripik mana adalah buatan pabrik mana dalam sekali gigit, atau gelas mana yang berisi Pepsi dan gelas mana yang berisi Coca-Cola dalam sekali sesap.

Buku ini juga memberikan gambaran betapa berbahayanya membuat kesimpulan cepat: pemasar bisa memanipulasi kesan pertama konsumen, polisi bisa saja menembak mati seseorang yang tak bersalah, dan pemilih dalam pemilu bisa saja memilih calon presiden yang tampan tapi ternyata tidak mampu bekerja.

Blink menyingkapkan bahwa orang yang pandai mengambil keputusan yang tepat bukanlah orang yang memproses paling banyak informasi atau yang sengaja menghabiskan waktu paling lama, tapi orang yang telah melatih diri untuk menyempurnakan seni membuat cuplikan tipis—thin slicing—yaitu menyaring sesedikit mungkin faktor terpenting dari sejumlah kemungkinan yang menggunung.

Tags

No. GM : 620221017
ISBN : 978-979-22-1472-7
Price : Rp 68.000
Total Pages : 326 Pages
Size : 13.5x20cm
Date Published : 10 Februari 2020
Book Format : Soft Cover
Category : Self-Improvement

    No reviews

Malcolm Gladwell

Malcolm Gladwell

Malcolm Gladwell lahir tahun 1963 di Inggris dan dibesarkan di Kanada. Ia meraih gelar sarjananya dalam bidang sejarah dari University of Toronto pada tahun 1984. Dari tahun 1987 sampa 1996 ia menjadi reporter The Washington Post, pertama kali sebagai penulis bidang sains dan kemudian sebagai kepala biro New York. Sejak tahun 1996 ia menjadi staff writer bagi majalah The New Yorker.

Books by Malcolm Gladwell

  • The Tipping Point
    Self-Improvement

    The Tipping Point

     
  • Talking to Strangers
    Self-Improvement

    Talking to Strangers

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.