Pramoedya Menggugat, Melacak Jejak Indonesia

Summary

A. Teeuw pernah mengatakan bahwa Pramoedya merupakan penulis yang muncul hanya sekali dalam satu generasi, atau malah dalam satu abad. Saya yakin, pendapat itu tidak hendak melebih-lebihkan.
 
Pramoedya adalah novelis yang tidak hanya mewakili Indonesia melainkan juga kawasan Asia. Ia penulis yang mencurahkan pemikiran di bawah naungan humanisme. Kemanusiaan merupakan satu dasar pemikiran dan landasan penciptaan karya Pramoedya. Falsafah ini bersumber dari pandangan bahwa manusia yang hakiki melepaskan diri dari segala belenggu, seperti penolakan atas warisan budaya yang kolot, perlawanan atas ketidakadilan kekuasaan kolonial, atau semangat membangun kebebasan dan kesejahteraan dalam lingkup kesatuan bangsa. Sikap ini tentu saja bukan tanpa risiko. Ia harus meringkuk di penjara selama tujuh belas setengah tahun masing-masing pada zaman Belanda, Orde Lama, dan Orde Baru.
 
Dalam buku ini, saya memberi tanggapan terhadap Bumi Manusia, Arus Balik, Arok Dedes, dan Gadis Pantai. Saya menganalisis dan menguraikan dunia Pramoedya melalui karya-karyanya. Saya tidak hanya menjunjung tinggi dan mengungkapkan kedalaman makna serta pesan tematik novel-novel Pramoedya, melainkan, sebagai seorang sarjana yang berkecimpung dalam bidang kritik sastra, saya berusaha membuktikan keunggulannya sekaligus.
 
Prof. Koh Young Hun

Tags

No. GM : 620202008
ISBN : 978-602-03-8290-6
Price : Rp 130.000
Total Pages : 464 Pages
Size : 14 x 21cm
Date Published : 23 Maret 2020
Book Format : Soft Cover
Category : Literary

    No reviews

Prof. Koh Young Hun

Prof. Koh Young Hun

History from this author net available at this momments. Please contact admin, so we can update the data. Thankyou :)

Books by Prof. Koh Young Hun

  • Pramoedya Menggugat, Melacak Jejak Indonesia
    Literary

    Pramoedya Menggugat, Melacak Jejak Indonesia

     
  • Pramoedya Menggugat, Melacak Jejak Indonesia
    History

    Pramoedya Menggugat, Melacak Jejak Indonesia

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.