Genom: Kisah Spesies Manusia dalam 23 Bab

Author: Matt Ridley

Summary

Genom manusia, seperangkat lengkap gen yang terdapat dalam dua puluh tiga pasang kromosom, tidak lain adalah autobiografi spesies kita. Dengan telah diumumkannya “draf kasar” genom manusia, berarti kita, generasi yang beruntung ini, menjadi makhluk hidup pertama yang mampu membaca buku pintarnya sendiri, sekaligus memperoleh wawasan paling mendalam tentang makna hidup, arti menjadi manusia, kesadaran, atau fenomena jatuh sakit.
 
Dengan mengambil satu gen yang baru ditemukan dari tiap pasang kromosom kemudian menyuruhnya bercerita, Matt Ridley mengajak kita menapak tilas sejarah spesies kita sendiri berikut nenek-nenek moyangnya, sejak fajar kehidupan hingga peluang datangnya zaman kedokteran masa depan.
 
Ia menemukan gen yang mungkin memengaruhi kecerdasan kita, gen yang memungkinkan kita bertata bahasa, gen yang memandu perkembangan tubuh dan otak kita, gen yang memungkinkan kita mengingat, gen yang menunjukkan keistimewaan unsur bawaan dan pengaruh pengasuhan, gen yang membebani kita dengan kecenderungan egois, gen yang saling berperang, juga gen yang merekam sejarah perpindahan penduduk.
 
Ia menggali berbagai upaya penerapan genetika: untuk memahami penyakit Huntington hingga mengobati kanker. Ia mengupas munculnya kecemasan dan kengerian terhadap eugenika, serta implikasi filosofi dari memahami paradoks kehendak bebas.
 
 
 
“Sebuah karya yang mudah dipahami, ringan, sekaligus mendebarkan tentang 23 kromosom manusia yang memungkinkan kita mengerti bagaimana faktor pewarisan dan pengasuhan sama-sama berperan dalam kehidupan manusia.”
 
James Watson
 
“Ridley mampu menerangkan baik masalah-masalah moral yang pelik, situasi-situasi filosofis yang rumit, maupun biokimia yang teknis dengan gairah yang sama; ia juga membedakan mana fakta mana opini, dan tidak malu ketika harus mengaku tak tahu. Di antara berbagai buku terbaru tentang gen, perilaku, dan evolusi, karya Ridley adalah salah satu yang paling informatif, selain paling menghibur sewaktu dibaca.”
 
Publishers Weekly

Tags

No. GM : 621220007
ISBN : 978-602-03-3976-4
Price : Rp 98.000
Total Pages : 466 Pages
Size : 15x23cm
Date Published : 02 Juni 2021
Book Format : Soft Cover
Category : Science & Nature

    No reviews

Matt Ridley

Matt Ridley

Menjadi editor sains, koresponden Washington, dan editor Amerika untuk The Economist. Ia juga pengarang The Red Queen: Sex and the Evolution of Human Nature, The Origins of Virtue: Human Instincts and the Evolutions of Cooperation, dan Nature via Nurture: Genes, Experience, and What Makes Us Human. Ia tinggal di Inggris.

Books by Matt Ridley

  • Genom: Kisah Spesies Manusia dalam 23 Bab
    Science & Nature

    Genom: Kisah Spesies Manusia dalam 23 Bab

     
  • Optimis Rasional
    Social Sciences

    Optimis Rasional

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.